“ Tips Mencari Modal Usaha ”

“ TIPS MENCARI MODAL USAHA ”

Upaya lain dalam menjalankan bisnis dengan modal terbatas yaitu bisa menggunakan sistem konsinyasi (supplier titip jual pada Anda) atau Anda bisa jadi makelar/perantara jual beli. Alternatif lain bisa juga dengan meminta konsumen membayar dimuka seperti les privat. Selain itu Anda juga bisa memperkecil biaya operasional dengan tidak menyewa tempat yaitu dengan membuka usaha dirumah sendiri atau memperkerjakan keluarga sendiri dengan sistem bagi hasil.

Lalu bagaimana solusinya jika Anda ingin mendapatkan modal usaha, tetapi Anda tidak mau berhubungan dengan bank ?
Nah mungkin langkah berikut ini dapat Anda tempuh :

1.  MENJUAL ASSET YANG ANDA MILIKI
Jika modal sendiri pas-pasan cobalah cek kembali barang–barang milik Anda yg sudah tidak terpakai lagi, karena barang tersebut bisa dijual dan hasil penjualannya bisa digunakan untuk menambah modal usaha .
Bisa juga asset atau harta lain yg Anda korbankan, seperti perhiasaan, kendaraan,dll.

2.  MELAKUKAN PINJAMAN KEPADA KELUARGA/ TEMAN DEKAT

Ini harus dipertimbangkan dengan matang, karena meminjam kepada keluarga cukup beresiko, karena kalau sampai gagal bayar biasanya hubungan keluarga dapat terganggu. Untuk itu semuanya harus disampaikan secara transparan dgn rencana bisnis yg matang, agar pihak keluarga/ teman bisa percaya pada niat & keseriusan Anda.

3.  KANTOR ATAU KOPERASI KANTOR
Jika Anda masih bekerja tidak ada salahnya mengajukan pinjaman kepada perusahaan ataupun koperasi karyawan jika ada. Biasanya pinjaman yang diberikan perusahaan tanpa bunga, dan seAndainya koperasi menawarkan sistem bunga lakukan negosiasi agar bisa menggunakan skema bagi hasil.

4.  LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH
Saya tidak tahu alasan Anda tidak mau berhubungan dgn Bank. Saat ini banyak bank syariah yang memberikan pinjaman bebas riba dengan bagi hasil, ada juga BPR syariah, pegadaian syariah, maupun koperasi syariah. Tetapi, pinjaman ke lembaga keuangan umumnya bukan untuk usaha baru tetapi untuk pengembangan usaha/ ekspansi. Biasanya mereka mengajukan syarat usaha sudah berjalan 2tahun, profit meningkat, memiliki legalitas usaha, memiliki rekening di bank & laporan keuangan yang sudah tersusun. Untuk pegadaian syariah Anda bisa melakukan pinjaman untuk modal usaha pemula, tetapi memerlukan jaminan seperti emas, kendaraan, atau sertifikat tanah.

5.  MODAL VENTURA SYARIAH
Lembaga ini bisa memberikan kredit usaha dengan skema bagi hasil, dan bisa untuk pengusaha pemula yg belum layak mendapatkan kredit bank. Hanya untuk mendapatkannya butuh agunan.
Itulah alternatif modal usaha yg bisa Anda akses. Untuk itu Anda perlu menyusun proposal bisnis yg diperuntungkan kepada investor. Proposal bisnis memuat hal yg berkaitan dgn modal ysng digunakan seperti apa saja penggunaannya, rencana pengembaliannya, bagi hasilnya, proporsi kepemilikkan saham, dan sebagainya.
Bila sudah menggunakan modal pinjaman, Anda harus lebih profesional dalam menjalankan usaha karena Anda memiliki kewajiban mengembalikan modal beserta bagi hasilnya ke investor.
Untuk itu kelolalah modal dengan baik agar mendapatkan profit yang memadai.

Sumber :    Majalah.pengusahamuslim.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar