" Dollar AS Diburu, Rupiah Terpuruk "


           Dollar AS Diburu, Rupiah Terpuruk



Nilai tukar mata uang rupiah, Selasa (29/11/2011) pagi, turun 75 poin terhadap dollar AS dipicu masih pesimismenya pelaku pasar terhadap penyelesaian utang eropa dan AS. Nilai tukar mata uang rupiah terhadap dollar AS antarbank Jakarta bergerak turun 75 poin ke posisi Rp 9.180 dibanding hari sebelumnya Rp 9.105.

"Kondisi pasar yang masih bersikap pesimis atas masalah utang Eropa dan ekonomi AS masih menekan rupiah hari ini," kata analis Monex Investindo Futures di Jakarta.

Ia menambahkan, pelaku pasar uang terus melindungi posisi short-dollar. Meski demikian, Bank Indonesia (BI) diperkirakan masih akan tetap melakukan intervensi untuk melindungi rupiah agar tidak tertekan teralu dalam.

Ia mengatakan, minat resiko sudah mulai meningkat, Bank Indonesia akan mengambil kesempatan untuk melakukan intervensi hari ini untuk mendekatkan mata uang ke kisaran Rp 9.000. "Namun, pelaku pasar masih bersikap waspada, mata uang dalam negeri tampaknya masih bergerak di kisaran sempit," ujar dia.
   
Ia mengatakan, dolar AS menguat terhadap mata uang dunia termasuk rupiah dengan persentase cukup besar yang menyiratkan khawatirnya pelaku pasar dengan kondisi pasar saat ini.

Apalagi, kata dia, harga emas juga tertekan yang menandakan saat ini pelaku pasar memburu dollar AS sebagai "safe haven" seperti yang terjadi pada 2008 lalu.

Ia mengemukakan, beberapa negara di zona euro juga diturunkan peringkat hutangnya seperti Portugal yang diturunkan dari BBB- (triple B minus) menjadi BB+ (double B plus) dengan outlook negatif yang merupakan peringkat "junk" oleh Fitch.

Meski demikian, kata dia, awal pekan ini berhembus isu bahwa Dana Moneter Internasional (IMF) terlibat pembicaran intensif dengan Italia mengenai kemungkinan pemberian bantuan kepada Italia. "Hal itu tentu saja membawa angin sejuk ke pasar mata uang, tetapi pernyataan dari Moody’s yang meragukan bahwa bantuan IMF dapat menolong Italia segera memberikan sentimen negatif," kata dia.

SUMBER : http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2011/11/29/10561063/Dollar.AS.Diburu.Rupiah.Terpuruk

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar