“ Proyek MRT Jakarta "



“ Proyek Monorel Jakarta Mulai Dibangun Besok,
Selesai Awal 2017 ”



Jakarta - Konstruksi awal (groundbreaking) proyek monorel Jakarta akan mulai dikerjakan Rabu, 16 Oktober 2013 besok atau sesuai dengan target. Kegiatan groundbreaking ini hanya berselang 6 hari dari pemancangan tiang pertama proyek Mass Rapid Transit (MRT) yang sudah berlangsung 10 Oktober lalu.

Direktur PT Jakarta Monorail (JM) Rosa Bovanantoo mengatakan Gubernur DKI Jakarta Jokowi dan jajarannya akan menghadiri dimulainya pembangunan konstruksi monorel jalur hijau ini. Lokasi groundbreaking berada di depan Hotel Four Seasons, wilayah Setia Budi Utara, Jakarta, mulai pukul 09.00 WIB.

"Dari konstruksi durasinya 3 tahun, setelah itu ada serangkaian tes 4-5 bulan, jadi 2017 awal, Green Line sudah beroperasi," katanya kepada detikFinance, Selasa (15/10/2013) Bovanantoo menambahkan kontraktor proyek ini adalah China Communications Construction Company Ltd (CCCC). Pihak kontraktor akan menggunakan metode pengeboran untuk membangun tiang-tiang konstruksi, cara ini dianggap bisa menekan suara bising dibandingkan bila menggunakan metode tiang pancang konvensional.


PT JM secara bertahap akan mengembangkan 2 rute monorel yakni Blue Line dan Green Line. Rute Blue Line sepanjang 14,2 km mencakup Tebet - Saharjo - Menteng Dalam – Casablanca – Ambasador - Sudirman WTC - Menara Batavia -Dukuh Atas - Kebon Kacang – TanahAbang – Cideng – Tomang - TamanAnggrek.

Sedangkan jalur Green Line sepanjang 14,8 km mencakup Casablanca - Taman Rasuna-Kuningan Sentral - Setia Budi Utara - Karet – Pejompongan - Palmerah - Stasiun Madya - Plaza Senayan – GBK – SCBD – Komdak - Satria Mandala - Gran Melia - Casablanca. "Investasi Blue Line dan Green Line totalnya US$ 900 juta," katanya.


ANALISIS :

Menurut saya dengan dilanjutkannya proyek monorail adalah hal yang efektif untuk mengurangi tingkat kemacetan di Jakarta. Langkah bapak Gubernur Walikota DKI Jakarta untuk meneruskan proyek ini sangat bagus, karena pada sebelumnya langkah pembangunan proyek ini sempat terhenti dimasa bapak Fauzi Bowo. Diharapkan dengan adanya transportasi baru di Jakarta dapat menumbuhkan kesadaran di masyarakat untuk memakai jasa layanan transportasi yang sudah di siapkan pemerintah kota DKI Jakarta.


SUMBER :

http://finance.detik.com/read/2013/10/15/173405/2386442/4/proyek-monorel-jakarta-mulai-dibangun-besok-selesai-awal-2017?f9911013

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar